Script Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Pascal

Posted on
Kalkulator merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk memudahkan kita dalam  menghitung operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian ataupun pemangkatan. Dengan adanya kalkulator kita bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan hasil dari proses pengolahan angka.
Pernahkah sobat sheliciouss berfikir bagaimana cara membuat kalkulator? bagaimana proses yang dilakukan sebuah kalkulator untuk  menghitung? bagaimana caranya kita menginput operasi bilangan dan menghasilkan keluaran yang benar? Nah jika belum pernah berarti sobat sheliciouss tidak salah mengunjungi blog ini, karena pada postingan sekarang Shella akan memberikan sebuah cara bagaimana membuat kalkulator sederhana menggunakan pascal.

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Dasar Pengenalan Pascal Untuk Pemula, Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang biasanya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma yang relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write dan read.

Dalam pembuatannya sangat mudah kok, berikut hal yang harus sobat sediakan untuk  memulai membuat kalkulator sederhana :

  1. Laptop atau PC dengan OS Windows, disini OS yang Shella gunakan Windows 7
  2. Compiler Pascal, disini compiler yang Shella gunakan Free Pascal
Ok kita mulai cara pembuatannya, posisinya laptop atau pc sobat sudah terinstall Compiler Pascalnya ya :
  1. Buka aplikasi Free Pascal di Laptop sobat.
  2. Klik File lalu pilih New
  3. Setelah itu klik File lalu Save As, beri nama kalkulator_sederhana. (ingat jangan menggunakan spasi saat memberi nama file)
  4. Jika sudah disave, tuliskan script dibawah ini :

uses crt;
var
b1, b2,i, operasi:integer;
hasil:real;

begin
clrscr;
write (‘bilangan 1=’);
readln (b1);
write (‘bilangan 2=’);
readln (b2);
write (‘operasi = 1(+) 2(-) 3(/) 4(*) 5(^)’);
readln (operasi);
hasil:=1;

if (operasi = 1) then
hasil := b1+b2
else if (operasi=2)then
hasil := b1-b2
else if (operasi=3) then
hasil := b1/b2
else if (operasi=4)then
hasil := b1*b2
else if (operasi=5) then
for i:=1 to b2 do
begin
hasil :=hasil*b1;
end;
writeln(‘hasilnya=’,hasil:7:2);
readln;
end.

Jika sudah sobat ketik ulang atau copy script diatas klik Compile => Compile atau klik ALT+F9, apabila ada script yang salah maka akan muncul warning Failed to compile, jika tidak ada kesalahan maka akan muncul warning Compile Successful. Setelah kita compile untuk melihat hasilnya maka harus kita Run dengan cara klik Run => Run atau klik CTRL+F9. Dari script diatas jika kita run maka akan menghasilkan output

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *